Makna Hadits Iringilah Perbuatan Maksiat Dan Kebajikan Derma

Makna Hadits Iringilah Perbuatan Maksiat Dan Kebajikan Derma

Rasulullah SAW pernah bersabda,اتق الله حيثما كنت ، وأتبع السيئة الحسنة تمحها، وخالق الناس بخلق حسن

“Bertakwalah kepada Allah pada manapun anda berada. Iringilah perbuatan dosa dengan kebajikan kebaikan, lantaran amal itu berhasil menghapusnya. Serta bergaulah lalu perseorangan lain beserta akhlak yang cantik” (HR. Ahmad 21354, Tirmidzi 1987).

Pelajaran berawal hadis ini, bahwa seseorang hamba apabila terjatuh berbobot kesalahan, sepatutnya bersegera menghapusnya sejak disposisi amal, biar ia terhindarkan pada, semua dampak cabul yang mau mencuat sejak dosa yg beliau lakukan. Oleh risikonya Rasulullah SAW bersabda,
US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US US
“Iringilah pekerjaan salah lalu dedikasi derma, lantaran berhasil menghapusnya…”

Kalimat yang menampakan kesegeraan, yaitu segera tutupi salah-maksiat dengan taubat lalu amal saleh. Jangan menunda-menunda. Karena kesalahan yg mengendap periode berbobot perseorangan, mau sungguh-sungguh gawat. Dosa yang tak segera ditaubati dikhawatirkan bakal cipta syirik lain. Semakin berjibun salah, hati hendak semakin gelita, eksklusif kotoran-noda maksiat.

Allah berfirman,إِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِ آيَاتُنَا قَالَ أَسَاطِيرُ الْأَوَّلِينَ * كَلَّا ۖ بَلْ ۜ رَانَ عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“Wahai Muhammad, ingatlah waktu Al Quran dibacakan kepada sendiri kafir. Orang kafir itu mengatakan, “Al Quran hanyalah hikayat diri-sendiri lampau.” Sekali-batang air bukan! Bahkan hati sendiri-badan kafir itu sudah pernah tertutup sang maksiat yg mereka kerjakan” (QS. Al Muthoffifin: 14).

Hasan Al Bashri menunjukkan makna “rôn” pada bab pada bersama,هو الذنب على الذنب حتى يموت القلب

“Itu yaitu kesalahan yang ditumpuk salah akibatnya membunuh hati” (Lihat: Tafsir al Baghowi bagi tafsir ayat ini).

Jika syirik lalu diulang, ditambah syirik-kesalahan lain, tanpa terdapat siasat bertaubat lalu mengimbanginya lagi amal saleh, dan sampai-sampai noda-noda hitam yang mempergelap hatinya akan semakin membludak. Bahkan hati dapat rahasia sejak kirana Allah. Hatinya sebagai kelam bersama hitam. Ia sebagai tidak hirau lagi kualifikasi iman lagi kesegaran hatinya. Nasihat-ajuan hendak dilematis diterima ke relung hati. Sampai kemudian mati lagi meminta kesalahan yg belum ia taubati. Tentu ini hendak memengaruhi petaka di akhirat kelak.

إن العبد إذا أخطأ خطيئة نكتت في قلبه نكتة سوداء فإذا هو نزع واستغفر وتاب سقل قلبه وإن عاد زيد فيها حتى تعلو قلبه وهو الران الذي ذكر اللهكلا بل ران على قلوبهم ما كانوا يكسبون

Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya seorang hamba apabila sira bertindak satu maksiat, dan sampai-sampai dititikkan batin (hati) hatinya satu titik hitam. Apabila dirinya berusaha menghilangkannya lagi beristighfar serta bertaubat maka terhapuslah titik tadi. Bila kembali berbuat kesalahan dan sampai-sampai mau makin akhirnya menyempurnakan balik hati. Itulah yang disebut dan ”rôn” (pembatas hati) yg disebutkan Alloh… adakala bukan (demikian), bahwasanya maksiat yang selalu mereka perbuat itu menanam hati mereka.” (HR. at Tirmidzi).

Ada dikit saja noda yang dompleng pada pakaian, kita sadar risih. Akankah saya tak risih lalu dosa yg menodai hati? Orang yg keutamaan menganggap risi dengan segera membuang jauh-jauh kotoran-noda hati itu.

Tiga Hal yg Dapat Menghapus Dosa:1. Bertaubatdua. Beristighfar tanpa taubattiga. Amal saleh (Lihat: Al Wasiyyah As Sughro, bagian 31-32, tahqiq : Sobri bin Salamah Syāhin).

Amal Saleh yg Dapat Menghapus DosaPenjelasan tergantung penghapus salah aktual dengan kedua, ialah taubat bersama istighfar tanpa taubat, sanggup pembaca pelajari di sini. Adapun amal saleh, syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah rahimahullah memberitahuakn bahwa kearifan saleh yang berhasil menghapus kesalahan terdapat dua rupa:

Pertama, darmabakti-darmabakti saleh yang memperoleh menghapus dosa-kesalahan terpilih sama sekali.Contohnya bagaikan kafaratsendiri yg melangsungkan sambungan perseorangan di siang hari ramadhan (membebaskan anak atau puasa dua bulan berturut-turut atau membagi makan enam puluh rombongan miskin). Seperti juga pembayaran diyat bagi jama’ah haji yg melampaui tabu pantangan ihram).

Kedua, amal-darmabakti saleh yg dapat menghapus syirik secara umum, tidak saja maksiat terpilih hanya. Amal saleh jenis ini terdapat kembar motif:Jenis Pertama, amal saleh yg dijelaskan secara ketahuan (nash) oleh pendir bahwa ia menemui menghapus syirik. Bisa berbentuk aktivitas alias ucapan.

Contohnya yang dijelaskan pada hadis-hadis selanjutnya:* من صام رمضان إيماناً واحتساباً غُفر له ما تقدم من ذنبه

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan beserta penuh iman beserta menanti pahala, maka mau diampuni dosa – dosanya yang telah lalu“ (HR. Bukhari dengan Muslim).* من قام رمضان إيمانا و احتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

“Barangsiapa yang berdiri shalat pada bulan Ramadhan lalu pas iman bersama menanti pahala maka mau diampuni salah – dosanya yang sudah pernah kemudian” (HR. Bukhari bersama Muslim).

* من أكل طعاما فقال الحمد لله الذي أطعمني هذا ورزقنيه من غير حول مني ولا قوة غفر له ما تقدم من ذنبه

“Barang siapa yg selesai santap mengeja “Alhamdulillahil ladzi ad’amani hadza wa razaqanihi min ghairi haulin minni wala quwwah” dan sampai-sampai diampuni syirik-dosanya yg telah terus” (HR. Tirmidzi. Al-Albani berkata: hadist hasan).* إذا أمن الإمام فأمنوا فإنه من وافق تأمينه تأمين الملائكة غفر له ما تقدم من ذنبه

“Bila seseorang imam baca ‘amin’ maka ucapkanlah juga ‘amin’ lantaran siapa yg uacapan aminnya bersesuaian lagi omongan amin para malaikat akan terampuni salah-dosanya yg sudah terus” (HR. Bukhari bersama Muslim).* مَنْ تَوَضَّأَ هَكَذَا ، ثُمَّ خَرَجَ إِلَى الْمَسْجِدِ ، لَا يَنْهَزُهُ إِلَّا الصَّلَاةُ ، غُفِرَ لَهُ مَا خَلَا مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yg berwudhu seperti ini (sprti wudhu yang diajarkan Rasulullah shallallahualaihiwasallam, pent), akibatnya beliau berhembus mendatangi masjid lalu tidak ada yg beliaumenjadikan sira pergi selain jatah sholat, pasti Allah ampuni dosa-dosanya yg sudah kemudian” (HR. Muslim).

Hadis ini sebenarnya telah sungguh-sungguh penuh selaku motivasi saya jatah sholat berjamaah pada masjid. Terlepas mulai percekcokan para ulama tergantung hukum sholat berjamaah. Karena sebagian sobat saya berleha-leha berisi babak sholat berjamaah, karena berpandangan tak wajib. Tetapi sekiranya melihat keutamaan yg dijelaskan dalam perkataan Rasulullah pada bersama-sama, sudah betul-betullayak seperti alibi jatah tidak menyiakan sholat berjamaah.

Jenis Kedua, darmabakti saleh yg tidak dijelaskan secara tampak (nash) oleh dalil, maka beliau penghapus kesalahan.

Ini mencakup seluruh amal darma yang tak diterangkan secara eksklusif bahwa ia memperoleh menghapus maksiat. Tetapi sejatinya semua darmabakti saleh, walaupun tidak dijelaskan secara eksklusif, sira dapat menjadi penghapus kesalahan. Dalilnya artinya keumuman firman Allah ‘azza wa jalla,إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ

“Sesungguhnya pekerjaan-perbuatan cantik itu menghapus kesalahan-maksiat. Itulah ultimatum untuk orang-badan yg berkelanjutan mengingat (Allah)” (QS. Hud: 114).

Dan jua hadis,وأتبع السيئة الحسنة تمحها…

“Iringilah perbuatan dosa dengan dedikasi kebaikan, lantaran menemui menghapusnya…”

Bila terdapat yang soal, “kemudian apa keuntungannya pengertian secara eksklusif terikat kebajikan-kearifan ini memperoleh menghapus dosa, bila benar semua darmabakti saleh memperoleh menghapus kesalahan?”

Jawabannya : Pertama bagi memperingatkan maka kedudukan amal-kebajikan tadi benar-benar mulia. Kemudian bagi menjelaskan bahwa kebajikan-darmabakti saleh tadi dampaknya berisi menghapus syirik lebih besar ketimbang kearifan saleh lainnya.

About Author