Fakta Unik Tentang Pak Coy dan Cara Membelinya

Source: https://www.homestratosphere.com/types-of-beer/

Pak Coy atau Brassica merupakan kelompok tanaman yang mencakup kubis, kangkung, dan sawi hijau. Awalnya, tanaman ini dibudidayakan di Cina sekitar tahun 500 Masehi. Lalu menyebarluas hingga ke Amerika Serikat dan ke seluruh dunia pada tahun 1870. 

Secara garis besar, pak coy tidak memiliki varietas atau jenis tertentu. Namun, perbedaan yang ada dibedakan berdasarkan ukuran yaitu baby pakcoy dan big-boy pakcoy. 

Tidak hanya itu saja, Pak coy juga menyimpan beragam fakta unik yang patut diulas. Sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, ketahuilah beberapa hal berikut untuk menambah pengetahuan Anda. 

Fakta Unik Tentang Pak Coy

Terdapat beberapa fakta unik tentang pak coy yaitu:

  1. Pak Coy merupakan salah satu komoditas terbesar yang dikembangkan dalam sistem pertanian vertikal di Singapura saat ini. 
  2. Pak Coy merupakan sayuran asal China yang sekarang sudah menjadi bahan campuran makanan di berbagai negara seperti Australia, Kuba, Jamaika, Guyana, Karibia, Trinidad, hingga ke seluruh dunia.
  3. Pak Coy diklaim sebagai sayuran tertua di dunia yang telah tumbuh sejak tahun 400 Masehi. 
  4. Sayuran berwarna hijau yang satu ini memiliki banyak nama seperti Kubis Mustard Cina, Sayuran Putih, Kubis Cina, dan Bok Choy. Pak Coy juga sering dijuluki sebagai “sendok sup” karena bentuk daunnya yang unik. 
  5. Pak Coy merupakan tanaman yang tahan terhadap cuaca dingin. Sehingga Anda tidak perlu khawatir jika menginginkan Pak Coy di musim dingin. Bahkan, petani Pak Coy tidak menyarankan untuk menyimpannya di musim panas. Ini karena Pak Coy akan menjadi lebih pahit dan berserabut. 
  6. Tanaman ini merupakan varietas yang mudah rusak dan harus digunakan paling lambat tiga hari setelah pembelian. Hindari penyimpanan menggunakan kantong plastik karena memicu kelebapan berlebih hingga membuat Pak Coy membusuk lebih cepat. 
  7. Tanaman ini adalah sumber Vitamin C, kalsium, dan kalium yang baik. Selain itu, terdapat juga kandungan beta-karoten dan prekursor Vitamin A. Bagi mereka yang tidak mengonsumsi daging atau susu, sayuran berdaun gelap ini dapat membantu melengkapinya. 
  8. Tangkai pak coy memiliki tekstur yang cukup keras sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasaknya. Banyak koki yang merekomendasikan untuk merebus tangkai pak coy lebih dulu. Dengan kata lain, Anda harus memasak tangkai dan daun pak coy secara terpisah. 

Cara Memilih Pak Coy yang Segar Untuk Dikonsumsi

Pak coy rentan terhadap gangguan serangga. Sehingga para petani sering menggunakan pembasmi kimia untuk mengatasinya. Itulah kenapa Anda harus pintar-pintar memilih sayur yang kaya manfaat satu ini. Pastikan Anda selalu mencuci bersih sayuran sebelum mengolahnya. 

Jika Anda meragukannya, Anda bisa memilih sayuran organik yang tersertifikasi. Ini akan membantu Anda terhindar dari bahan kimia. Alternatif lainnya adalah Anda bisa menghubungi TaniHub untuk mendapatkan Pak Coy yang berkualitas karena TaniHub adalah platform belanja buah dan sayur online terpercaya. 

Tidak hanya itu saja, TaniHub juga menyediakan beragam bumbu dapur, kebutuhan masak, dan lainnya. Belanja lebih efisien dengan ketersediaan produk yang lengkap dan baru setiap hari. TaniHub kini sudah hadir di beberapa kota besar yang ada di Indonesia seperti Jabodetabek, Semarang Yogyakarta, Bandung, dan masih banyak lagi. 

Klik di sini untuk mulai berbelanja dan temukan pilihan pak coy segar dan berkualitas. Dapatkan kemudahan berbelanja kebutuhan buah dan sayur dengan beragam promo menarik lainnya.

About Author