Jenis-Jenis Pinjaman Online

Jenis-Jenis Pinjaman Online

Pinjaman online berizin ojk dapat dijamin atau tidak aman, tingkat bunga tetap atau tingkat variabel. Jenis pinjaman tambahan termasuk pinjaman konsolidasi utang, pinjaman yang ditandatangani bersama, jalur kredit pribadi, pinjaman gaji, uang muka kartu kredit, dan pinjaman pegadaian.Berikut ulasan lengkapnya :

Jenis-Jenis Pinjaman Online

1. Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Pinjaman tanpa agunan tidak didukung oleh agunan apa pun (harta pribadi yang berharga seperti mobil atau rumah.) Mereka dapat menarik bagi peminjam karena, jika peminjam gagal membayar pinjaman tanpa jaminan (artinya peminjam gagal membayar kembali uang yang terutang kepada pemberi pinjaman), pemberi pinjaman tidak dapat menyita aset peminjam sebagai kompensasi.

Untuk alasan yang sama, bagaimanapun, pemberi pinjaman menganggap pinjaman tanpa jaminan lebih berisiko daripada jenis pinjaman yang dijamin, dan mereka biasanya membebankan suku bunga yang lebih tinggi dan denda yang tinggi untuk pembayaran yang terlambat sebagai hasilnya. Suku bunga tipikal untuk pinjaman pribadi tanpa jaminan berkisar antara 5% hingga 36%, dan jangka waktu pembayaran biasanya antara satu dan tujuh tahun.

2. Pinjaman Online yang Dijamin

Pinjaman yang dijamin didukung oleh agunan, properti pribadi yang berharga yang dapat disita oleh pemberi pinjaman jika peminjam gagal membayar pinjaman. Pinjaman online yang dijamin dapat diambil dari mobil, rumah, tabungan pribadi, atau aset lainnya. Hipotek rumah, pinjaman ekuitas rumah, dan jalur kredit ekuitas rumah (semua dijamin dengan rumah) dan pinjaman kendaraan (dijamin dengan mobil) adalah contoh pinjaman pribadi yang dijamin.

Pemberi pinjaman menganggap pinjaman yang dijamin kurang berisiko daripada pinjaman tanpa jaminan, sehingga mereka biasanya menawarkan pinjaman yang lebih besar dengan tingkat bunga yang lebih rendah. Pinjaman pribadi yang aman juga lebih mudah diperoleh daripada pinjaman tanpa jaminan karena alasan ini.

3. Pinjaman Suku Bunga Tetap

Pinjaman online berizin ojk suku bunga tetap menawarkan suku bunga tetap dan tidak berubah untuk seluruh jangka waktu pinjaman. Ini berarti bahwa pembayaran bulanan pinjaman tetap konstan, sehingga memudahkan peminjam untuk menganggarkan pembayaran pinjaman. Pemberi pinjaman mungkin mengenakan biaya tambahan untuk pinjaman dengan suku bunga tetap, jika peminjam ingin melakukan pembayaran ekstra untuk menurunkan saldo pinjaman lebih cepat.

4. Pinjaman Suku Bunga Variabel

Suku bunga pinjaman dengan suku bunga variabel berfluktuasi sepanjang jangka waktu pinjaman, berdasarkan suku bunga acuan yang ditetapkan oleh pemberi pinjaman. Ini berarti bahwa pembayaran bulanan dapat bervariasi, dan total bunga selama masa pinjaman bisa sulit diprediksi, membuat penganggaran lebih sulit bagi peminjam. Pinjaman suku bunga variabel jangka pendek sering menawarkan peminjam suku bunga lebih rendah daripada jenis pinjaman suku bunga tetap.

5. Pinjaman Konsolidasi Hutang

Pinjaman konsolidasi utang menggabungkan beberapa utang menjadi pinjaman tunggal baru. Ini menawarkan keuntungan dari pembayaran yang disederhanakan dengan satu pembayaran bulanan tetap, dan pemberi pinjaman biasanya mengenakan suku bunga yang lebih rendah untuk pinjaman konsolidasi daripada untuk jenis pinjaman lainnya.

Biaya transfer biasanya berlaku ketika saldo pinjaman ditransfer ke pinjaman konsolidasi utang, dan tingkat bunga pinjaman konsolidasi tergantung pada kredit peminjam. Mengkonsolidasikan hutang tidak serta merta mengurangi jumlah hutang atau mempercepat pembayaran, tetapi konsolidasi dapat menyederhanakan pembayaran dan menawarkan penghematan bunga.

6. Pinjaman yang Ditandatangani Bersama

Calon peminjam dengan sedikit atau tanpa riwayat kredit mungkin mengalami kesulitan memenuhi syarat untuk pinjaman. Pinjaman yang ditandatangani bersama menawarkan satu solusi bagus untuk kesulitan ini: penandatangan bersama dengan kredit yang baik berjanji untuk bertanggung jawab atas pembayaran kembali pinjaman jika peminjam gagal bayar. Pengaturan ini tidak hanya memudahkan peminjam untuk memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman.

7. Pinjaman Payday

Pinjaman bayaran adalah pinjaman jangka pendek yang dinamai berdasarkan pembayaran tipikal mereka pada hari bayaran peminjam berikutnya. Mereka tidak aman dan karena itu berisiko tinggi bagi pemberi pinjaman, yang membebankan suku bunga yang sangat tinggi sebagai hasilnya. Suku bunga pinjaman hari gajian bisa mencapai 500%. Sebagian besar peminjam hari bayaran hanya mengambil sejumlah kecil.

Kesimpulan

Berapa banyak Anda perlu meminjam dan untuk berapa lama, riwayat kredit Anda, dan jangka waktu pembayaran pilihan Anda adalah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk menemukan Pinjaman online berizin ojk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.Maka itulah beberapa hal yang harus anda pahami.

About Author